8 Tips Memilih Skincare yang Tepat dan Aman Sesuai Jenis Kulit

Memilih Skincare – Hai, Sobat kata Malica, Sekarang ini, kehadiran skincare dianggap sebagai penyelamat untuk mendapatkan kulit sehat.

Skincare bukan hanya tren, tapi juga sebuah kebutuhan. Bisa dibilang skincare merupakan bagian dari investasi untuk beberapa tahun yang akan datang.

Skincare adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menyehatkan kulit dan meningkatkan penampilan dengan cara menutrisi kulit, serta dilakukan secara rutin dan teratur.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan setiap harinya, baik saat pagi, siang, maupun malam hari, mulai dari facial wash, toner, serum, eye cream, moisturizer, sunscreen, dan yang lainnya.

Alasan Kenapa Menggunakan Skincare itu Penting?

Memiliki kulit yang sehat, glowing, cerah dan tidak cepat mengalami penuaan dini tentunya bukan hasil kerja semalam. Perlu konsistensi dalam penggunaannya. Sebelum mengetahui bagaimana cara memilih skincare yang tepat sesuai jenis kulit, ada baiknya sobat Malica tahu alasan kenapa, sih, menggunakan skincare itu penting?

1. Menyehatkan dan Memberikan Nutrisi pada Kulit

Tahukah kamu, jika setiap menit akan tumbuh sel-sel kulit mati pada kulit. Belum lagi paparan sinar matahari, debu, dan kuman yang menempel pada wajah.

Inilah yang membuat kulit menjadi kusam, timbul jerawat, komedo, beruntusan, dan flek hitam.

Dengan menggunakan skincare secara rutin, kulit akan mendapatkan nutrisi yang cukup dan kelembabannya akan terjaga.

Secara umum, skincare mengandung vitamin yang mampu menetralisis radikal bebas, serta zat yang dapat melembabkan dan mencerahkan.

Kamu Mungkin Tertarik:

8 Skincare untuk Pemula Low Budget

ReviewPenggunaan Sabun Bamboo MSI

 

2. Melindungi Kulit Saat Menggunakan Make Up

Tips memilih skincare aman
                        www.freepik.com

Make up merupakan salah satu faktor pendukung penampilan. Apalagi, jika harus menggunakan make up setiap hari ketika bekerja.

Skincare, seperti facial wash, toner, dan moisturizer dapat memberi kelembaban kulit dan menjaga kulit dari gempuran make up agar kulit tidak kering, kusam, dan rusak.

3. Menunda Munculnya Keriput dan Garis Halus

Cara memilih skincare kulit kering
                           www.freepik.com

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya. Kandungan kolagen yang terdapat pada skincare membantu kulit untuk memperlambat proses penuaan. Selain itu, secara signifikan skincare juga dapat mengatasi masalah keriput dan garis halus.

4. Cara Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit

Sebelum memutuskan menggunakan skincare, kamu harus jeli dan teliti agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan. Jika tidak, bukan tidak mungkin skincare akan menjadi boomerang sehingga merusak kulit.

Skincare akan bekerja dengan maksimal pada kulit jika cocok dengan karakter dan kebutuhan kulit. Supaya tidak salah pilih, yuk, simak 8 cara memilih skincare aman dan tepat sesuai jenis kulit.

8 Cara Memilih Skincare Tepat sesuai Jenis Kulit

Tips memilih skincare aman

Tips mencari skincare aman sesuai jenis kulit ini bisa kamu gunakan menganalisa sebelum membeli produk kecantikan idaman. Caranya bagaimana? Simak ya!

1. Kenali Jenis Kulit dan Permasalahannya

Hal paling dasar saat memilih skincare yang benar adalah mengenali jenis kulit. Selama ini kita mengenal 5 jenis kulit, yaitu normal, kering, berminyak, berjerawat, dan kombinasi. Jenis kulit normal kebutuhannya lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis kulit lain.

Kandungan aktif yang terdapat pada skincare juga akan berbeda. Contoh, pada kulit berjerawat, fokus utamanya adalah menghilangkan jerawat. Tidak baik jika kulit berjerawat menggunakan skincare untuk membuat wajah glowing karena hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan jerawat baru kemudian beralih ke skincare yang bisa membuat wajah glowing.

Kamu Mungkin Tertarik:

Urutan Memakai Skincare yang Benar Agar Kesehatan Kulit Terjaga

7 Cara Mengatasi Komedo Hitam dan Putih Membandel 

2. Tetapkan Budget Saat Memilih Produk Skincare

Setelah mengetahui jenis kulit, selanjutnya tentukan brand apa yang akan digunakan. Inget, lo, skincare itu sifatnya jangka panjang. Jadi, cara memilih skincare dengan benar bukan hanya karena mahal atau karena hasil rekomendasi artis dan beauty blogger, tapi harus sesuai dengan finansial.

Tidak lucu jika pos dana pendidikan anak atau pos dana pensiun sampai kepangkas gara-gara skincare, kan?

Skincare yang bagus dengan hasil maksimal itu tidak berarti mahal, yang penting cocok dengan jenis kulit dan kandungannya aman.

3. Mulai dari yang Basic Dulu

Skincare itu banyak ragam dan fungsinya. Jika baru akan memulai mencari skincare sesuai jenis kulit, sebaiknya mulai dari yang basic dulu. Apa saja?

Pertama, pembersih, meliputi cleanser dan facial wash. Lanjut kemudian toner, pelembab, serum, day cream dan night cream, serta sunsreen.

Sudah banyak yang menjual skincare paket yang berisi facial wash, toner, day cream dan night cream. Bisa dibilang keempat produk tersebut merupakan rangkaian basic yang bisa kamu gunakan secara rutin.

4. Memiliki Izin BPOM

Tidak semua produk yang belum mendapatkan izin BPOM berbahaya. Namun, mencegah tentunya lebih baik, bukan?

Sobat Malica tidak ada salahnya memilih produk yang sudah ada izin BPOM dan memang sudah dikenal secara luas. Apalagi mendapatkan review yang bagus.

Di zaman sekarang ini ada banyak sekali produk yang dijual secara online dengan embel-embel bisa memutihkan, menghilangkan jerawat, dari dokter bla bla, tapi ternyata tidak memiliki toko resmi dan tidak mengantongi izin BPOM. Skincare tersebut merupakan skincare abal-abal yang diracik sesuka hati.

Beberapa produk bahkan berani memalsukan izin BPOM. Sekali lagi, jangan mudah tergiur iklan dan harga murah karena skincare tidak hanya berdampak pada kecantikan, tapi juga kesehatan.

5. Memahami Komposisi Produk

Tips Memilih skincare sebenarnya tidak harus paham mengenai komposisi produk secara keseluruhan, tapi setidaknya menghindari kandungan yang memang bisa membuat kulit semakin crowded. Misal, kulit kering cenderung harus menghindari produk yang mengandung alkohol, serta kulit sensitif yang sebaiknya menghindari produk yang mengandung pewangi.

Kita juga harus aware dengan kandungan zat berbahaya, seperti paraben, sodium lauryl sulfate, dan polyethylene. Kamu bisa menggunakan bantuan google untuk mempelajari kandungan zat yang berbahaya pada skincare.

6. Perhatikan Reaksi

Ada skincare yang secara langsung menimbulkan reaksi, seperti munculnya jerawat secara keroyokan, kulit menjadi merah, mengelupas, atau kering. Tanda-tanda seperti ini tidak bisa disepelekan.

Bisa jadi ini adalah alarm tidak cocok menggunakan skincare tertentu. Jika dirasa memberikan reaksi negatif secara berlebih, segera konsultasi pada ahli dan menghentikan pemakaiannya.

7. Beri Waktu Agar Skincare Bekerja

Bila tidak ada reaksi negatif yang menjadi tanda skincare yang digunakan tidak cocok, namun belum terlihat hasil yang maksimal, maka sebaiknya kamu tetap menunggu minimal satu hingga dua bulan.

Skincare seperti ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan skincare yang memberikan hasil instan dalam hitungan hari. Kalau pun ingin mengganti skincare, sebaiknya beri jeda waktu.

7. Menggunakan Sesuai Urutan

Mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan skincare bisa dimulai dengan menggunakan rangkaian skincare sesuai urutan.

Cara memilih skincare dengan benar

Kadang, kita hanya terfokus pada hasil yang ingin didapat, tapi tidak mau repot melewati step by step langkahnya. Misal, setelah mencuci muka langsung menggunakan day cream dan men-skip penggunaan toner. Padahal, toner mempunyai peranan untuk membersihkan sisa kotoran, minyak, dan make up yang tidak terangkat saat menggunakan facial wash. Toner juga berfungsi melembabkan dan menyeimbangkan pH.

Perlu diperhatikan juga bahwa langkah skincare pada pagi dan malam hari berbeda.

Skincare pagi hari berfungsi untuk melindungi kulit dari kotoran dan paparan sinar matahari. Sedangkan pada malam hari lebih ditujukan untuk mengistirahatkan dan menenangkan wajah.

Itu tadi 8 cara memilih skincare yang tepat sesuai jenis kulit. Ketika melakukan sesuatu sebaiknya kita melakukannya dengan total dan sungguh-sungguh, termasuk urusan skincare.

Mulai dari memilih hingga menggunakan secara rutin dan konsisten. Hasilnya mungkin tidak akan terlihat dalam waktu yang singkat. Setidaknya saat usia memasuki 45 tahun ke atas, kita tetap memiliki kulit sehat terawat.

Selamat Mencoba, Sobat Malica!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like