10 Cara Mengatasi Kantung Mata dengan Mudah dan Aman

Cara Mengatasi kantung mata – Hi, Sobat kata Malica,Siapa yang memiliki masalah dengan kantung mata?

Terlihat sepele, faktanya kantung mata ternyata cukup mengganggu. Apalagi jika dikaitkan dengan penampilan.

Percaya atau tidak percaya, kantung mata bisa mengurangi hingga 50 % tingkat kepercayaan diri seseorang. Terlebih lagi bagi kaum hawa.

Nah, sebelum mencari tahu cara mengatasi kantung mata, sebaiknya terlebih dahulu kita cari tahu apa saja yang menjadi penyebab timbulnya kantung mata.

Apa Penyebab Kantung Mata?

Cara mengatasi kantung mata

Terkadang, saat timbul masalah kantung mata, Anda akan fokus mencari tahu bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang menganggu tersebut. Padahal, bisa saja setelah hilang, kantung mata akan kembali lagi. Bahkan, dalam waktu yang sangat berdekatan.

Hal ini terjadi karena kita tidak mengetahui apa yang sebenarnya menjadi penyebab kantung mata.

Kurangnya pengetahuan mengenai penyebab timbulnya kantung mata juga membuat kita melakukan perawatan dan penanganan yang salah. Jika dibiarkan, bisa jadi ini akan memberikan risiko dan memperburuk keadaan.

Untuk itu, penting mengetahui apa yang menjadi penyebab timbulnya kantung mata agar perawatan dan penanganan yang dilakukan sesuai dengan penyebab atau sumber masalahnya.

Kamu Mungkin Tertarik:

7 Cara Mengatasi Komedo Hitam dan Putih Membandel secara Alami. Kepoin, Yuk

1. Penyebab kantung mata karena kebiasaan

Kantung mata atau seringkali dikenal dengan sebutan mata panda memang bisa menganggu penampilan Anda. Tapi tahu nggak, ternyata penyebab kantung mata yang paling umum ditemui adalah karena kebiasaan, misal kurang tidur.

Hayo, sobat kata Malica Siapa yang begini?

Menurut ilmu kesehatan,  dapat kurang tidur memperlambat sirkulasi darah. Selain itu, kurang tidur menyebabkan tubuh tidak berhasil mengeluarkan cairan yang berkumpul di bawah mata.

Kebiasaan lain yang berkaitan dengan tidur adalah tidur dengan posisi tengkurap. Apabila sering tidur tengkurap maka dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata yang bisa menjadi penyebab timbulnya kantung mata.

2. Penyebab kantung mata karena makanan dan minuman

Penyebab kantung mata hitam, ternyata bisa disebabkan oleh makanan dan minuman.

Tanpa sadar mungkin Anda suka sekali dengan kopi dan ternyata rutin mengonsumsinya. Atau konsumsi garam berlebih, dan kurang mengonsumsi air putih.

3. Penyebab kantung mata karena produk kecantikan

Ada dua hal yang menyebabkan kantung mata karena produk kecantikan.

Pertama, karena malas membersihkan make up. Kedua, penggunaan skincare yang kurang tepat.

Contoh penggunaan skincare, yaitu pengaplikasian eye cream yang terlalu dekat dengan mata yang dapat menyebabkan iritasi berupa pembengkakan kantung mata. Lainnya, penggunaan cleansing brush yang terlalu dekat mata.

4. Penyebab kantung mata karena kondisi tubuh

Faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab kantung mata yang tidak bisa dihindari. Namun, dengan perawatan yang tepat bertahap bisa berkurang.

Selanjutnya, bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan kolagen dan jaringan lemak. Inilah yang menyebabkan timbulnya kantung mata.

Hal lain penyebab timbulnya kantung mata karena kondisi tubuh adalah hormon, stres, dan alergi.

Bagaimana Cara Mengatasi Kantung Mata dengan Aman?

Sobat kata Malica, setelah mengetahui penyebab timbulnya kantung mata, sekarang Anda cari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Dalam keadaan tertentu, kantung mata bisa ditutupi dengan make up.Ada banyak tutorial yang bisa Anda temukan, baik itu dari youtuber maupun dari beauty blogger. Tinggal pilih mana yang paling mudah dan sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya, pada kondisi tertentu seseorang akan memutuskan untuk melakukan operasi kantung mata. Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan kantung mata serta keriput di sekitar mata. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani proses ini, cari tahu dulu dimana akan melakukan dan kredibilitasnya, bagaimana prosedur, persiapan, pemulihan, dampak ke depannya, serta yang tidak kalah penting besaran biaya.

Selain jalur medis, Anda juga bisa mencoba cara yang lebih aman. Apa saja?

  • Kantung Teh Dingin

Cara alami menghilangkan kantung mata

Menempelkan katung teh dingin bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kantung mata.

Pasalnya, kafein dalam teh mengandung antioksidan dan dapat meningkatkan aliran darah di kulit. Teh juga mampu melindungi dari sinar UV dan dapat memperlambat proses penuaan.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, rendam dua kantung teh selama 3 sampai 5 menit. Setelah itu, dinginkan kantung teh di lemari es. Biarkan kantung teh selama 15 hingga 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara teratur.

Kamu Mungkin Tertarik:

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

  • Irisan Mentimun

Cara menghilangkan kantung mata

Mentimun dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, termasuk untuk menghilangkan kantung mata. Kamu hanya perlu mengiris beberapa iris mentimun dan memasukannya ke lemari es.

Sesaat setelah dingin tempelkan irisan mentimun di bagian kantung mata dalam posisi berbaring dan biarkan selama 10 hingga 15 menit.

  • Perbaiki Pola Tidur

Seperti yang telah dijelaskan, salah satu penyebab kantung mata adalah faktor kebiasaan tidur yang salah, mulai dari kurang tidur hingga cara tidur tengkurap.

Jika Anda memperbaiki ini semua secara perlahan, bukan tidak mungkin kantung mata akan hilang dengan sendiri dan tidak akan kembali lagi.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Cara mudah menghilangkan kantung mata

Lebih dari 50% tubuh manusia terdiri dari air. Tidak heran jika kurang minum bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari yang paling sederhana hingga masalah berat.

Dengan demikian, meningkatkan asupan air tidak hanya mengatasi masalah kantung mata, tapi juga masalah kesehatan lain.

Seberapa banyak air yang harus Anda minum?

Beberapa rekomendasi menyarankan 13 gelas untuk laki-laki dan 9 gelas untuk perempuan. Ingat, rekomendasi ini tidak baku. Kamu yang paling tahu kapasitas kebutuhan air bagi tubuh.

  • Minyak Almond dan Minyak Kelapa

Atasi mata panda dengan cara alami

Minyak almond dan minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang yang mampu melembabkan, mengencangkan kulit, dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

Tips menghilangkan kantung mata

Anda bisa membeli minyak almond atau minyak kelapa dan mengoleskannya di area kantung mata. Pijat halus secara perlahan dan biarkan semalaman.

  • Kentang Parut

Belum banyak yang tahu jika kentang bisa menjadi alternatif pilihan untuk menghilangkan kantung mata. Padahal, caranya cukup mudah. Ambil kentang mentah lalu parut dan ambil ekstrak airnya. Lalu, ambil kapas dan rendam kapas di ekstrak kentang tadi. Tempelkan kapas di area kantung mata sekitar 10 menit. Cobain, ya! Siapa tahu ini bisa menjadi resep yang manjur yang bisa kamu share ke teman-teman.

  • Kurangi Makanan Asin

Garam berkontribusi pada retensi cairan tubuh dan dapat membuat bengkak secara keseluruhan. Sepertinya hampir semua orang dewasa tahu bahaya mengonsumsi makanan asin berlebihan. Namun, hanya untuk memanjakan lidah, seseorang bisa lupa dan melewati ambang maksimal konsumsi garam setiap harinya.

  • Mengonsumsi Makanan Kaya Kolagen

Agar kolagen alami di dalam tubuh tetap terjaga, Anda perlu asupan kaya asam amino, vitamin C, dan zink. Makanan tersebut bisa didapatkan dari jambu biji, jeruk, paprika merah, kubis, brokoli dan strawberry.

  • Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Ketika Anda menggunakan make up, maka Anda bertanggung jawab untuk membersihkannya sebelum tidur. Banyak dampak buruk jika Anda malas membersihkan make up sebelum tidur.

  • Putih Telur

Kandungan putih telur mampu mengencangkan kulit wajah yang mengendur dan menghilangkan kantung mata. Bahannya pun mudah didapat. Oleskan putih telur di area kantung mata, biarkan hingga 20 menit dan bilas dengan air.

Meski tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit, kantung mata dapat mengganggu penampilan dan membuat wajah tampak lelah dan tua.

Semoga artikel cara mengatasi kantung mata ini bermanfaat bagi Sobat kata Malica, ya!

5 comments
  1. Kantung mata itu bener2 musuh wanita ya mba :D. Bikin penampilan jd LBH tua kalo sampe ada itu.

    Aku sendiri dari umur akhir 20an udh rutin oles eye serum. Sampe skr. Kantung mata dan kerutan Alhamdulillah blm ada di umur 38 gini, tp kdg lingkar mata hitam kalo sampe kurang tidur. Makanya aku usahain utk ga telat kalo tidur sih. Cara2 di atas beberapa ada yg rutin aku lakuin trutama air putih. Itu ngaruh banget memang. Bukan cm utk mata, tapi kulit sih.. apalagi makin berumur, kulit bakal cendrung kering yg mempercepat keriput.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like